RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
TEMATIK TERPADU
Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup
SD NEGERI GONGGANG 3
KELAS 6
GURU KELAS VI :SETYA
RISTANTO,S.Pd.
NIP : 19880616 201403 1 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :SD
Negeri GONGGANG 3
Kelas /Semester : 6/1(Satu )
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema 1 : Tumbuhan Sahabatku
Pembelajaran ke- :
1
Alokasi Waktu :6 X 35 menit (1 kali pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,guru, dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
(KD) :
3.1 Menyimpulkan informasiberdasarkan teks
laporanhasil pengamatan yangdidengar dan dibaca.
4.1 Menyajikan simpulan secaralisan dan tulis dari
tekslaporan hasil pengamatanatau wawancara yangdiperkuat oleh bukti.
Indikator
§
Menemukan ide pokok dan informasi penting
§
Mengembangkannya dengan menggunakan bahasanya sendiri
IPA
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Membandingkan caraperkembangbiakantumbuhan dan
hewan.
4.1 Menyajikan karya
tentangperkembangangbiakantumbuhan.
Indikator
§
Mengidentifikasi perkembangbiakan generatif melalui gambar
§
Melaporkan perkembangbiakan
generatif melalui tabel dan manfaatnya
IPS
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Mengidentifikasi karakteristikgeografis dan
kehidupansosial budaya, ekonomi,politik di wilayah ASEAN.
4.1 Menyajikan hasil identifikasikarakteristik
geografis dankehidupan sosial budaya,ekonomi, dan politik diwilayah ASEAN.
Indikator
§
Menyebutkan kehidupan sosial
budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya
§
Menulis laporan tentang perbedaan
sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
§
Setelah
membaca teks tentang perkembangbiakan jagung, siswa mampu menemukan ide pokok
dan informasi penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.
§
Setelah
menemukan ide pokok dari bacaan, siswa mampu mengembangkannya dengan
menggunakan bahasanya sendiri secara rinci menjadi sebuah tulisan.
§
Setelah
mengamati bunga, siswa mampu mengidentifikasi perkembangbiakan generatif
melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya dengan benar.
§
Setelah
berdiskusi, siswa mampu melaporkan perkembangbiakan generatif melalui tabel dan
manfaatnya dengan benar.
§
Setelah
membaca teks tentang ASEAN dan kehidupan sosial budayanya,siswa mampu
menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua Negara ASEAN terkait kondisi
geografisnya dengan benar.
§
Setelah
berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang perbedaan sosial budaya dari
dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.
D. Media dan Alat
Pembelajaran
v Tumbuhan.
v Buku teks siswa Tema 1:
Selamatkan Makhluk Hidup
v Buku teks guru. Tema 1:
Selamatkan Makhluk Hidup
E. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab,
penugasan, dan ceramah.
Sumber Belajar :1. Buku Guru dan Buku
Siswa Kelas6, Tema 1: Selamatkan
Makhluk Hidup Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2018). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
F.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembuka
§ Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing,
§ Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
§ Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan
§ Guru memberi
motivasi dan kegiatan untuk menambah konsentrasi siswa
§ Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
§ Guru mengulas
kembali materi yang disampaikan sebelumnya
§ Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini
|
15 menit
|
Kegiatan
inti
|
Ayo Berdiskusi
§
Siswa
diminta untuk mengamati gambaryang ada pada buku pelajaran. Gurumemberi waktu
sekitar tiga menit.
§
Setiap
siswa kemudian menulis pertanyaan dan menukarkannya denganteman di sebelah, menjawabnya,
dan mendiskusikan jawabannya.
§
Guru
membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu kekelompok lain
untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasiaktif.
§
Guru
mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil
§
diskusinya,
lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenaijawaban yang diharapkan.
Guru dapat memberi kesempatan kepadaseluruh siswa untuk memberikan komentar
dari jawaban yang ada. Guru
§
tidak
menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswalain untuk mencoba
menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya.Guru dapat menguatkan
jawaban-jawaban yang ada.
Ayo Membaca
§
Siswa
melanjutkan kegiatan dengan membaca teks tentang tanamanjagung dalam hati.
§
Setiap
siswa mengisi diagram berdasarkan bacaan.
§
Siswa
kemudian mendiskusikan diagramnya dengan teman kelompoknyadan memperbaiki
jawabannya apabila perlu. Berdasarkan jawabantersebut, setiap siswa kemudian
mengembangkan isi diagram denganmenggunakan kosakata baku.
§
Guru
menyampaikan daftar periksa penilaian kepada siswa.
Ayo Mengamati
§
Siswa
mengamati gambar bagianbagianreproduksi pada bunga danmembaca proses
perkembangbiakangeneratif.
§
Siswa
mengamati prosesperkembangbiakan generatif danmanfaat dari
perkembangbiakangeneratif.
§
Siswa
mengamati bagian–bagian bungasempurna berikut
§
Siswa
mencari informasi dari berbagai sumber mengenai prosesperkembangbiakan
generatif tumbuhan
Ayo Berdiskusi
§
Siswa
mendiskusikan hasilnya dengan kelompoknya.
§
Siswa
mencari bunga di lingkungan sekolah dan mengamati bagianbagiannya. Siswa
kemudian menggambar bagian-bagian bunga tersebut.
§
Siswa
membandingkan hasil gambarnya dengan gambar teman yang lain untuk mencari
persamaan dan perbedaannya. Jika terdapat perbedaan, siswa diminta
menjelaskan perbedaan tersebut.
§
Siswa
kemudian menulis manfaat dari perkembangbiakan generatif dan menyerahkannya
kepada guru.
§
Guru
mensosialisasikan daftar periksa kepada siswa.
Ayo Berlatih
§
Setelah
siswa membaca teks tentang bunga yang hidup di negara ASEAN, guru dan siswa
membahasnya sebentar. Kemudian siswa membaca fakta tentang ASEAN. Guru
memberi waktu sekitar tiga menit.
§
Dalam
kelompoknya, setiap siswa diminta untuk menyampaikan kondisi geografis negara
ASEAN dan kehidupan sosial budayanya. Siswa kemudian diminta untuk
menyampaikan bunga yang menjadi bunga nasional di negara ASEAN.
§
Guru
memberikan penguatan tentang kehidupan sosial budaya Negara ASEAN.
§
Guru
meminta siswa memilih dua negara ASEAN yang mereka minati untuk ditulis. Guru
menyampaikan bahwa setelah mereka belajar tentang negara ASEAN, semua siswa
harus menulis informasi tentang kedua negara tersebut secara lengkap. Mereka
akan mencari informasi secara bertahap.
§
Pada
pertemuan ini siswa hanya membandingkan kehidupan social budaya dari dua
negara. Mereka dapat memasukkan informasi tentang bunga di dalam diagram Venn
(nama bunga, nama sebutan bunga, kapan dimanfaatkan, di mana tumbuh, dll).
Ayo Renungkan
§
Siswa
melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
§
Guru
dapat menambahkan pertanyaan refleksi berdasarkan panduanyang terdapat pada
lampiran di Buku Guru.
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Siswa bersama guru melakukan refleksi atas
pembelajaran yang telah berlangsung:
§
Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari
ini?
§
Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan
di sekitar?
§ Siswa bersama
guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
§ Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada
pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua yaitu:
meminta orang tua untuk menceritakan
pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu
menceritakan hasilnya kepada guru.
§ Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
§ Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
§ Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
|
15 menit
|
G. PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
Penilaian
1. Diskusi
Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik
2. Bahasa Indonesia
Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.
3. IPS
Tugas dinilai dengan daftar periksa.
4. IPA
Tabel dan tulisan dinilai dengan daftar periksa.
Mengetahui
Kepala SD
Negeri Gonggang 3
MAERAN, S.Pd.SD
NIP.19610909
198201 1 007
|
Gonggang, 16
Juli 2019
Guru Kelas VI
SETYA RISTANTO, S.Pd.
NIP : 19880616 201403 1 001
|
0 komentar:
Posting Komentar