RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD Negeri Gonggang 3
Kelas /Semester :
6 / 1 (Satu )
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema 1 : Tumbuhan
Sahabatku
Pembelajaran ke- : 2
Alokasi Waktu : 6 X 35 menit (1
kali pertemuan)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
Kompetensi Dasar (KD) :
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilainilai Pancasila secara
utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari .
2.1 Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari.
3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan
sehari-hari
4.1 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari.
Indikator
§ Menemukan
tiga contoh pelaksanaan sila kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari
§ Menerapkan
dua kegiatan yang sesuai dengan sila kesatu dan kedua dari sila
Pancasila dalam kehidupan seharihari
Matematika
Kompetensi Dasar
(KD) :
3.3 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan
bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan
operasi.
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang
melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk
sesuai urutan operasi..
Indikator
§
Menyebutkan bilangan sesuai nilai tempatnya
§
Mengurutkan bilangan
SBdP
Kompetensi Dasar
(KD) :
3.4 Memahami patung.
4.4 Membuat patung.
Indikator
§
Menyebutkan berbagai patung dan cara pembuatannya serta
keterampilan
§
Membuat model patung
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
§ Setelah membaca data, siswa mampu menyebutkan bilangan sesuai nilai
tempatnya dengan benar.
§ Dengan menggunakan bilangan yang tersedia, siswa mampu mengurutkan bilangan
dengan benar.
§ Setelah mendiskusikan cerita, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan
sila kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan
benar.
§ Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan
sila kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan
benar.
§ Setelah mengamati berbagai contoh patung Nusantara, siswa mampu menyebutkan
berbagai patung dan cara pembuatannya serta keterampilan yang dibutuhkan.
§ Dengan menggunakan bahan tanah liat, lilin malam, atau adonan plastisin,
siswa mampu membuat model patung.
D. Media
dan Alat Pembelajaran
v Kertas HVS
v Tanah liat/lilin malam/bahan untuk membuat plastisin (terigu,
garam, air,minyak sayur)
v Patung Nusantara (apabila ada)
v Buku teks siswa Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup
v Buku teks guru. Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup
E. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan,
diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
Sumber Belajar :
1. Buku
Guru dan Buku Siswa Kelas 6,
Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013 (Revisi 2018). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
F.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembuka
§ Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing,
§ Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
§ Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan
§ Guru
memberi motivasi dan kegiatan untuk menambah konsentrasi siswa
§ Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
§ Guru
mengulas kembali materi yang disampaikan sebelumnya
§ Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini
|
15 menit
|
Kegiatan inti
|
Sebelum memulai pembelajaran, guru meminta setiap siswa
untuk membuat bilangan yang terdiri dari angka 0-9. Bilangan tersebut harus
terdiri dari 7 sampai 8 angka.
Siswa menuliskan bilangan di potongan kertas yang telah
dibagikan guru dan meminta mereka untuk menyimpannya.
Siswa diinformasikan bahwa hari ini mereka akan belajar
tentang bilangan besar.
Ayo Mencoba
§
Siswa diajak membaca
teks tentang bawang merah. Guru memberikan waktu 3 menit untuk memahami bacaan.
Di Asia Tenggara banyak tumbuhan yang dimanfaatkan untuk makanan. Namun, di antaranya
banyak juga yang dimanfaatkan sebagai obat. Asia Tenggara sebagai wilayah
tropis memungkinkan banyak tumbuhan hidup. Di sanalah masyarakatnya banyak
bercocok tanam untuk memanfaatkan kesuburan tanahnya. Bawang merah sering
dijumpai di dapur masyarakat Indonesia. Selain dipakai untuk bumbu, bawang
merah juga bermanfaat untuk mengobati beberapa penyakit. Orang jawa mengenalnya
dengan sebutan brambang. Bawang merah hidup di daerah Asia Tenggara. Masyarakat
Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina adalah pengguna bawang merah terbesar.
Pemakai bawang merah terbanyak adalah Indonesia. Di tahun 2004, jumlah bawang
merah yang digunakan mencapai 160.800.000 ton/tahun.
§
Siswa mengerjakan soal
berikut bersama teman.
§
Guru meminta siswa untuk
mendiskusikan jawabannya di dalam kelompoknya lalu meminta setiap perwakilan
kelompok untuk menyampaikan hasilnya. Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk memberikan masukan, komentar, atau mempertanyakan jawaban teman.
§
Guru memberikan jawaban
apabila dibutuhkan.
§
Setiap siswa harus
mengucapkannya dengan benar. Guru meminta siswa menyebutkan bilangan bersama
dengan suara nyaring.
§
Siswa mendiskusikan
jawaban untuk kegiatan selanjutnya tentang nanas.
§
Guru memberikan
keterangan tentang pembacaan angka.
§
Siswa diminta untuk
mengambil bilangan yang telah mereka tulis di awal pembelajaran. Mereka
membacanya di kelompoknya. Setiap anggota kelompok dapat memberi masukan atau
koreksi.
§
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan menjawab soal yang ada di dalam buku pelajaran.
§
Siswa diminta untuk
menukarkan jawabannya dengan teman di sebelahnya untuk dicek.
§
Guru menginformasikan
bahwa siswa akan membandingkan bilangan dan mendiskusikan bagaimana caranya.
§
Guru meminta dua siswa
untuk membacakan bilangan yang ditulisnya
§
di awal pembelajaran dan
menuliskannya di papan tulis. Siswa diminta untuk membandingkan bilangan yang
paling besar. Bagaimana Mengurutkan Bilangan Besar?
§
Perhatikan
bilangan–bilangan yang kamu miliki.
§
Perhatikan angka yang
ada di paling kiri. Angka pada bilangan mana yang paling besar? Apabila
angka-angka di paling kiri memiliki angka yang sama, perhatikan angka
selanjutnya. Mana yang paling besar? Begitu seterusnya.
§
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan menjawab soal tentang membandingkan bilangan. Setelah siswa
berdiskusi tentang jawaban, guru memberikan masukan atau penguatan
Ayo Berdiskusi
§
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan membaca teks selanjutnya. Guru kemudian mengajukan pertanyaan
untuk mengetahui pemahaman siswa.
§
Secara individu, siswa
menjawab pertanyaan yang ada di buku teks dan guru mendiskusikan jawabannya
secara klasikal. Guru meminta salah seorang dari siswa untuk mempresentasikan
hasilnya. Siswa lain bisa memberikan komentar atau mempertanyakan isi dari yang
dipresentasikan.
§
Di akhir kegiatan, guru
bersama siswa mendiskusikan kembali pengamalan nilai Pancasila.
§
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan mengamati gambar dan mencocokkannya dengan nilai-nilai yang
diminta. Guru memberi waktu sekitar 2 menit dan mendiskusikannya. Satu orang
siswa bias menyampaikan hasilnya dan guru dapat memberi penguatan.
§
Siswa secara individu
harus menemukan contoh pengamalan sila kesatu dan kedua dalam kehidupan
sehari-hari dan penerapannya.
§
Guru menerangkan daftar
periksa yang akan digunakan dalam penilaian.
Ayo Berkreasi
§
Guru menyampaikan bahwa
hasil karya seni rupa dari gerabah dibuat dalam berbagai bentuk. Salah
satunya adalah patung Nusantara dari tanah liat. Patung-patung tersebut
sangat diminati, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.
§
Siswa mengamati
kerajinan patung tanah liat Nusantara dari Kasongan, Yogyakarta.
§
Siswa mendiskusikan
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. Guru berkeliling untuk memastikan
bahwa semua siswa aktif
§
Setelah mengamati berbagai
patung Nusantara dari tanah liat, siswa membuat patung dari tanah liat yang
disesuaikan dengan budaya daerah mereka masing-masing.
§
Sebelum membuat patung,
siswa ditugaskan memperhatikan hal-hal
§
berikut. Untuk membuat
patung Nusantara, siswa dapat menggunakan tanah liat yang ditemukan di
sekitar tempat tinggal mereka. Jika di sekitar siswa tidak terdapat tanah
liat, siswa bisa membuat sendiri adonan dari tepung dengan langkah-langkah
sebagai berikut.
§
Siswa mencoba membuat
bentuk model dengan menggunakan bahan. Kegiatan ini adalah untuk memberikan
kesempatan kepada siswa untuk berlatih agar terbiasa dengan bahan dan dengan
kelenturan tangan.
|
180 menit
|
Penutup
|
§ Siswa
bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
§ Apa
saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
§ Apa
yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
§ Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari
ini.
§ Siswa menyimak penjelasan guru tentang
aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan
kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan
pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu
menceritakan hasilnya kepada guru.
§ Siswa menyimak cerita motivasi tentang
pentingnya sikap disiplin.
§ Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
§ Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa.
|
15 menit
|
G. PENILAIAN
1.
Penilaian
Sikap
Penilaian
1. Matematika
Guru menilai pekerjaan siswa dengan
memberikan skor. Skor tertinggi adalah 10.
2. PPKn
Tulisan siswa dinilai dengan daftar periksa.
3. SBdP
Catatan Anekdot untuk mencatat proses pengerjaan patung
(keterampilan, kemandirian, kreatifitas, kerapian, dan
kedisiplinan dalam berkarya).
4. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (peduli)
(Contoh terlampir di lampiran pada Buku Guru).
Refleksi Guru:
|
Mengetahui
Kepala SD
Negeri Gonggang 3
MAERAN, S.Pd.SD
NIP.19610909 198201
1 007
|
Gonggang, 16
Juli 2019
Guru
Kelas VI
SETYA RISTANTO, S.Pd.
NIP : 19880616 201403 1 001
|
0 komentar:
Posting Komentar