Rabu, 06 April 2022

AKSI NYATA CALON GURU PENGGERAK MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

 

AKSI NYATA MODUL 1.3

VISI GURU PENGGERAK

Oleh

SETYA RISTANTO, S.Pd.

CGP ANGKATAN 4 KABUPATEN MAGETAN

Latar Belakang

Prinsip IA dan ajaran filosofi Ki Hadjar Dewantara tentang merdeka belajar dan percaya bahwa setiap murid memiliki potensi untuk melakukannya.  Dalam hal ini, guru memahami bahwa murid memiliki potensi yang sama tingginya. Tugas guru adalah memfasilitasi murid untuk menunjukkan potensi terbaiknya.

Dewasa ini, banyak pembelajaran yang tidak sesuai dengan keinginan siswa. Banyak hal yang mempengaruhi antara lain  suasana kelas, metode mengajar guru,  hubungan guru dan siswa. Pendidik lebih sering menyampaikan pembelajaran dengan cara ceramah tanpa diselingi hal-hal yang menarik dan cenderung membosankan. Hal ini membuat perilaku siswa menjadi buruk seperti tidur di dalam kelas, bercerita dengan teman sebangku, menggambar, dan perilaku lainnya. Kita sebagai  guru  tentunya tidak ingin melihat siswa- berperilaku seenaknya saat kegiatan belajar mengajar.

Selain hal tersebut Sebagai seorang CGP, visi ke depan tentu harus berpihak pada murid. Selain itu, juga harus menyesuaikan dengan kodrat zaman anak. Tentunya dengan memperhatikan kekuatan dan potensi yang dimiliki murid saat ini. Pengenalan kekuatan dan potensi murid akan memudahkan seorang CGP dalam membentuk ekosistem pembelajaran yang mendukung tumbuh kembang mereka. Oleh karena itu visi guru penggerak hendaknya memiliki keterkaitan antara kodrat anak dengan peran sebagai guru penggerak dalam ekosistem pembelajaran. Sebagai seorang CGP Visi saya yaitu “ Mewujudkan Pembelajar Berkarakter Kuat dan Berbudaya dalam Lingkungan Belajar yang Berpihak Kepada Murid”. Yang pada akhirnya guna mencapai Profil Pelajar Pancasila.

Inilah yang mendorong saya membuat aksi nyata dengan  melibatkan siswa dalam proses perencanaan belajar mengajar  dengan harapan mereka merasa bertanggung jawab terhadap pembelajaran yang dilaksanakan dan terwujudnya murid yang memiliki Profil Pelajar Pancasila

Tujuan

1.   Kelas  belajar yang menarik

2.   Siswa bersemangat dan perasaan gembira

3.   Membangkitkan minat belajar

4.  Terwujudnya siswa yang memiliki karakter kuat dan berbudaya

Deskripsi Aksi Nyata

Aksi nyata yang saya lakukan yaitu menciptakan suasana kelas sesuai yang dinginkan murid dengan melakukan diskusi di kelas dengan topik bagaimana membuat suasana belajar mengajar menjadi lebih baik. Kegiatan ini saya lakukan pada semester ganjil  pada kelas  6 SDN Gonggang 3 tahun ajaran 2021-2022.

Sebelum melaksanakan aksi nyata, saya  terlebih dahulu berkoordinasi dengan Kepala Sekolah sehubungan kegiatan  yang akan melibatkan siswa secara langsung di sekolah. Disamping itu komunikasi dengan orang tua siswa sebelum kehadiran siswa di sekolah.

Langkah yang kita lakukan dalam rangka membuat suasana belajar mengajar menjadi lebih baik adalah diskusi dengan siswa. Dalam diskusi ini siswa berkesempatan untuk mengemukakan pendapat masing masing untuk membuat suasana belajar mengajar  menjadi lebih baik. Ada bermacam macam hal yang diutarakan siswa. Dari beberapa pendapat siswa, kita kerucutkan menjadi:

1. Membuat suasana ruangan berbeda

Dalam hal ini siswa menginginkan untuk mengubah posisi tempat duduknya. Selama ini kursi siswa disusun berjajar membentuk persegi, dan meja guru di depan. Siswa ingin tempat duduk bagian tepi kanan dan kiri berhadapan, bagian tengah menghadap ke depan.Selain itu siswa ingin mempercantik kelas dengan menambah hiasan pada dinding kelas.

2. Menginginkan pembelajaran menyenangkan

Untuk hal ini, kita kembalikan ke masing masing guru yang mengajar karena tiap guru mempunyai cara dan strategi tersendiri, tetapi setidaknya ada masukan bagi rekan guru untuk kedepannya dengan memperhatikan keinginan siswa dan kita berusaha untuk mewujudkannya.

Kegiatan aksi nyata lainnya yang dilaksanakan adalah kegiatan peduli Semeru. Pada saat melaksanakan aksi nyata ini sedang terjadi peristiwa meletusnya gunung semeru. Pada saat berkomunikasi dengan siswa dan bercerita tentang kejian meletusnya gunung semeru, terbesitlah ide untuk melakukan penggalanagan sumbangan terhadap korban Gunung Semeru. Hingga muncullah kesepakatan untiuk melakukannya. Pada hari itu Guru memebimbing siswa untuk merencanakan kegiatan, dimulai dengan memberikan informasi kepada seluruh siswa SDN Gonggang 3 bahwa besok mempersiapakan dana sumbangan peduli korban bencana Gunung semeru. Dan Pada esoknya Kegiatan itu dilaksanakan dengan Siswa Kelas 6 sebagai koordinatornya. Dan kegiatan dapat terlakasana dengan baik.

Hasil dari Aksi Nyata

Kegiatan aksi nyata melalui  Menciptakan suasana kelas sesuai yang dinginkan murid dengan melakukan diskusi di kelas dengan topik bagaimana membuat suasana belajar mengajar menjadi lebih baik, membuat siswa merasa lebih diperhatikan, lebih dihargai dan diakui sebagai sosok yang berpendapat. Secara garis besar hasil yang didapat adalah :

1.   Suasana pembelajaran menyenangkan

2.   Menantang siswa untuk berkreasi secara aktif dalam pembelajaran

3.   Siswa mempunyai rasa percaya diri karena merasa dilibatkan.

4. Siswa memiliki jiwa Gotong Royong, kepedulian terhadapa Sesama

5. Siswa memiliki kepekaaan Sosial terhadap Korban bencana

6. Siswa memiliki Keimanan dan Ketaqwaan dengan ikut menyumbang korban bencana

Rencana perbaikan untuk pelaksanaan di masa mendatang

\Selain ruang kelas yang aman, ruang kelas juga harus diciptakan sedemikian rupa sehingga nyaman untuk menjadi tempat belajar dan bermain. Dan yang utama kita akan selalu libatkan siswa dalam hal apapun dalam rencana dan proses pembelajaran untuk kebaikan bersama. Selain itu mendesain pembelajaran yangbmenyenangkan sangatlah penting. Hala lainnya juga yaitu melatih kepekaan social, gotong royong dan peduli dengan lingkungan perlu ditumbuhkan guna tercapainya profil pelajara pancasila. 

Lampiran Foto

Foto 1.  Penggalangan dana peduli korban bencana Semeru



Foto 2.  Penggalangan dana peduli korban bencana Semeru



0 komentar:

Posting Komentar

AKSI NYATA PENGELOLAAN PROGRAM BERDAMPAK PADA MURID

  SETYA RISTANTO,S.Pd CGP ANGKATAN 4 SDN GONGGANG 3 KABUPATEN MAGETAN Nama Program : Program Entrepreneur Days di SDN Gonggang 3 ...